Selasa, 10 Januari 2012

Cara Mengatasi Blue Screen dengan "BIOS not fully ACPI compliant" pada PC

      Beberapa hari yang lalu komputer saya ingin menyalakan komputer pentium 4 saya yang sudah 2 minggu saya tidak nyalakan. Saat saya menyalakannya ada sesuatu yang aneh awalnya berhasil nyala dan masuk ke Windows XP, lalu beberapa saat kemudian langsung keluar blue screen dengan tulisan :


A problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer.

If this is the first time you've seen this Stop error screen, restart your computer. If this screen appears again, follow these steps:

The BIOS in this system is not fully ACPI compliant. Please contact your system vendor or visit http://www.hardware-update.com for an updated BIOS. If you are unable to obtain and updated BIOS or the latest BIOS supplied by your vendor is not ACPI compliant, you can turn off ACPI mode during text mode setup. To do this, simply press the F7 key when you are prompted to install storage drivers. The system will not notify you that the F7 key was pressed - it will silently disable ACPI and allow you to continue your installation.

Technical information:

*** STOP: 0x0000000A5 (0x00010007, 0x00000038, 0x00000000, 0x00000000)
Thank you for assisting me in troubleshooting and correcting this problem.

      Saya pun mencoba merestart komputer saya, tetapi setelah itu ternyata keluar pilihan safe mode dan teman2nya dan start windows normally saya pun memilih start windows normally ternyata tidak bisa masuk kw windows tetapi langsung blue screen seperti sebelumnya. Kemudian saya coba restart lagi dan memilih safe mode tetapi hasilnya sama tetap blue screen.
      Saya pun mencoba menekan F7 sesuai perintah pada blue screen tetapi ternyata tidak bisa juga, akhirnya saya mencoba membuka CPU komputer saya.
      Setelah membuka CPU komputer saya, saya berpikiran untuk mereset BIOS, tetapi saya liat di dekat batery CMOS saya tidak ada jumper yang menempel, yang ada hanya tempat untuk meletakannya,. Saya pun bingung apa yang harus saya lakukan lalu saya pun mencoba mengganti kabel SATA, dengan kabel SATA yang ada pada dus motherboard saya ternyata setelah dicoba masih belum bisa. Setelah itu saya pun mencoba mencabut dan memasang beberapa switch seperti gamabar dibawah ini :


                                       
                  Sumber gambar : http://www.cybergooch.com/tutorials/images/buildsystem/IMG_6827.jpg

      Awalnya ternyata setelah saya coba malah bertambah parah komputer saya tidak mau menyala sama sekali hanya keluar suara seperti tombol reset terus ditekan. Kemudian saya pun beberapa kali mencoba mencabut dan memasangnya kembali dan akhirnya komputer saya berhasil menyala dan masuk ke windows kembali seperti normal.
(Saya hanya mencoba-coba untuk PC  saya, untuk PC lain tidak saya jamin akan berhasil atau tidak)

Update 5 Januari 2013 :
Ternyata beberapa hari setelah itu PC saya benar-benar tidak mau menyala sama sekali.

Akhirnya setelah sekian lama, saya membawa PC saya ke tempat servis komputer. Ternyata hanay masalah RAM yang kotor dan harus dibersihkan dengan penghapus. Lalu masalah belum selesai, setelah dinyalakan ternyata masih keluar blue screen saat di shutdown dan ternyata permasalahannya adalah dua RAM (256 MB dan 1 GB) yang tidak kompatibel tipe nya, sehingga RAM 256 MB di lepas, dan setelah itu PC dapat berjalan normal. Setelah itu saya pun menginstall Windows 8.

1 komentar: